Perbedaan Budaya di ASIA (REVISI)

THAILAND
SENI
2
sebuah penggambaran gajah putih
dalam seni abad ke-19 Thailand
Thailand seni visual yang tradisional terutama Buddha. Thailand Buddha gambar dari periode yang berbeda memiliki sejumlah gaya yang khas. Thai seni dan arsitektur candi berevolusi dari sejumlah sumber, salah satunya adalah arsitektur Khmer. Seni kontemporer Thailand sering mengkombinasikan unsur-unsur tradisional Thailand dengan teknik modern. Sastra di Thailand sangat dipengaruhi oleh budaya Hindu India. Karya-karya sastra yang paling menonjol Thailand adalah versi dari Ramayana, epik agama Hindu, yang disebut Ramakien, yang ditulis sebagian oleh Raja Rama I dan Rama II, dan puisi Sunthorn Phu. Tidak ada tradisi drama diucapkan di Thailand, peran, bukan diisi oleh tarian Thailand. Ini dibagi menjadi tiga kategori lakhon-khon, dan likay-khon yang paling rumit dan likay yang paling populer. Nang drama, bentuk wayang, ditemukan di selatan. Musik Thailand termasuk tradisi musik klasik dan rakyat serta string atau musik pop. 

MAKANAN

Masakan Thailand terkenal dengan campuran dari empat rasa dasar:
4
Contoh makanan khas Thailand
Kaeng Phet pet yang : bebek panggang dalam kari merah
* Manis (gula, buah)
* Pedas panas (cabai)
* Asam (jeruk nipis, asam)
* Asin (kecap ikan, kecap)
Sebagian besar hidangan dalam masakan Thailand mencoba untuk menggabungkan bumbu. Hal ini dilakukan dengan menggunakan sejumlah bumbu, rempah-rempah dan buah, termasuk: cabe, bawang putih lengkuas, daun jeruk, kemangi, selasih, jeruk nipis, serai, ketumbar, merica, kunyit, dan bawang merah.
PAKAIAN ADAT
9
kaftan atau tunika
Pengaruh agama Buddha amat kuat di Thailand. Hal ini dapat dilihat dengan terbinannya 50000 buah kuil. Melalui sami-sami Buddha inilah, negara Thailand berhubungan denganadat istiadat jajahan India. Mislanya, pakaian beradat di negeri Thai seperti pakaian Panong.Pakaian panong ini ialah sehelai kain yang dililit di bahagian bawah badan dan dimasukkandi celah kaki seperti kain dhoti di India. Pakaian ini dipakai oleh orang lelaki dan perempuandi Thailand

TARI
Khon, Sebagai Seni Tinggi Thailand, Ibu Tarian, Rama
Tari Kohn
Kohn adalah tarian bertopeng tradisional Thailand. Di masa lalu, itu hanya dilakukan untuk keluarga kerajaan. Sekarang ini dilakukan di luar istana, bagaimanapun, itu masih dianggap sebagai salah satu bentuk seni tertinggi di Thailand. Pertunjukan ini berasal dari epik Thailand, Ramakien, yang merupakan versi Thai dari Hindu Ramayana. Sebagian besar penari adalah pria, dan mereka memainkan sejumlah karakter yang berbeda, termasuk pria, wanita, setan, dan monyet. Selain topeng, pertunjukan ini disertai dengan perawi dan seorang Thailand piphat orkestra, yang biasanya terdiri dari instrumen perkusi dan tiupan angin.

KOREA SELATAN
SENI
Jeongak Korean Music
Jeongak Korean Music 

Ada sebuah tradisi / kebiasaan yang cukup terkenal di Korea. Tradisi ini dinamakan “Sesi Custom”. Tradisi sesi dilaksanakan sekali setiap tahun. Sesi adalah sebuah tradisi untuk mengakselerasikan ritme dari sebuah lingkaran kehidupan tahunan sehingga seseorang dapat lebih maju di lingkaran kehidupan tahun berikutnya.


TARI 
Tarian tradisional yang cukup terkenal di Korea antara lain cheoyongmu (tarian topeng), hakchum (tarian perang), dan chunaengjeon (tarian musim semi) yang ditarikan sebagai tanda terima kasih kepada dewa Irwolseongsin dan dewa Sancheonsin atas panen yang berhasil.
Tarian tradisional Korea
Tari Tradisional Korea

RUMAH TRADISIONAL
Rumah tradisional Korea disebut Hanok. Hanok biasanya terdiri dari bagian dalam (anchae), bagian untuk pria (sarangchae), ruang belajar (sarangbang), dan ruang pelayan (haengrangbang). Masyarakat tradisonal Korea memilih tempat tinggal berdasarkan geomansi.
Hanok
Hanok

MAKANAN
Budaya Makanan Kimchi Di setiap sesi makan, ketidakb eradaan kimchi akan memberikan kesan tidak lengkap. Kimchi adalah suatu makanan yang biasanya merupakan sayuran yang rendah kalori dengan kadar serat yang tinggi (misalnya bawang, kacang panjang, selada, dan lain-lain) yang dimasak sedemikian rupa dengan bumbu dan rempah-rempah sehingga menghasilkan rasa yang unik dan biasanya pedas. Hal yang membuat kimchi menjadi makanan yang spesial ada banyak faktornya. Asal mula kimchi pada awalnya dibuat oleh permaisuri dari Raja Sejong sebagai hidangan untuk perayaan Sesi.


Kimchi
Kimchi

JEPANG
PAKAIAN ADAT
artforia.com
Kimono

Jepang memiliki pakaian Tradisional yang disebut Kimono, sudah banyak orang tau bahwa kimono adalah pakaian Tradisional Jepang. Dahulu kimono digunakan untuk kegiatan sehari-hari, namun pada saat ini, komono hanya digunakan di acara-acara khusu. Kimono bisa di pakai oleh pria atau wanita, kimono pria umumnya lebih sederhana baik dalam design, motif dan juga warnanya yang biasanya didominasi oleh berwarna gelap seperti hijau tua, coklat tua, biru tua atau hitam, sedangkan Kimono untuk wanita dikenal ada beberapa jenis menunjukkan umur pemakai, status perkawinan, dan tingkat formalitas dari acara yang dihadiri. Disamping itu kimono wanita juga memiliki berbagai aksesoris tambahan yang cukup banyak










SENI
Ikebana adalan kesenian merangkai bunga yang berasal dari Negara Jepang. Bunga memiliki kehormatan dalam kebudayaan Jepang, karena Bungan dianggap sebagai tempat bersemayamnya Tuhan, sang pencipta. Bunga dirangkai dalam bentuk tertentu dan diletakkan di altar utama. Awalnya dalam pembuatan bunga sangatlah sederhana, namun saat ini pembuatan bunga semakin sulit dan kompleks dan di butuh pembelajaran keahlian dalam pembuatannya.
artforia.com
Ikebana

MAKANAN

Sashimi merupakan makanan tradisional Jepang yang sudah ada jauh sebelum sushi ditemukan. Jika sushi adalah makanan campuran dari nasi dan daging ikan, maka sashimi adalah daging mentah tanpa campuran nasi sama sekali. Variasi daging yang digunakan dalam menyajikan sashimi bisa apa saja. Mulai dari daging sapi, ayam, kuda, ikan, dan beberapa daging hewan laut lainnya.


makanan tradisional jepang
Sashimi

TARI 
Selain Menikmati Alam, Jangan Lupa Untuk Sekaligus Menikmati Seni Teater Tradisional Jepang, Kabuki.
Tari Kabuki
Kabuki mungkin salah satu tarian yang paling terkenal dalam hiburan tradisional Jepang. Secara khusus, Kabuki adalah sebuah drama tari karena menggabungkan tarian, nyanyian, akting dan seni.
Kabuki dilakukan kebanyakan di teater khusus kabuki, yang tersebar di negara ini. Kabuki sering menunjukkan kisah tentang sejarah, gaya hidup dan masyarakat Jepang, serta dapat memberi pengalaman dan wawasan yang benar-benar autentik yang tidak akan Anda dapatkan di tempat lain selain Jepang.
Kabuki telah menjadi bagian besar hiburan Jepang untuk waktu yang lama dan masih populer hingga saat ini. Dengan kemajuan teknologi, pencahayaan, efek dan sebagainya, penampilan kabukipun berkembang seiring dengan berjalannya waktu!



SUMBER:

Komentar

Postingan Populer