Pengertian, Sejarah Singkat, Jenis-jenis, Fungsi dan Dampak Positif maupun negatif Satelit






1.Pengertian Satelit
Satelit adalah benda yang mengorbit benda lain dengan waktu rotasi dan revolusi tertentu. Sedangkan dalam kamus besar Bahasa Indonesia, satelit adalah bintang siarah yang mengedari bintang siarah yang lebih besar, misalnya bulan yang mengedari bumi. Satelit dapat mengelilingi planet karena adanya gaya gravitasi planet.

2.Sejarah Singkat

Hasil gambar untuk sputnik 1Satelit buatan manusia pertama adalah Sputnik 1, diluncurkan oleh Soviet pada tanggal 4 Oktober 1957, dan memulai Program Sputnik Rusia, dengan Sergei Korolev sebagai kepala disain dan Kerim Kerimov sebagai asistentnya. Peluncuran ini memicu lomba ruang angkasa (space race) antara Soviet dan Amerika.
Sputnik 1 membantu mengidentifikasi kepadatan lapisa atas atmosfer dengan jalan mengukur perubahan orbitnya dan memberikan data dari distribusi signal radio pada lapisan ionosphere. Karena badan satelit ini diisi dengan nitrogen bertekanan tinggi, Sputnik 1 juga memberi kesempatan pertama dalam pendeteksian meteorit, karena hilangnya tekanan dalam disebabkan oleh penetrasi meteroid bisa dilihat melalui data suhu yang dikirimkannya ke bumi.
Hasil gambar untuk sputnik 2Sputnik 2 diluncurkan pada tanggal 3 November 1957 dan membawa awak mahluk hidup pertama ke dalam orbit, seekor anjing bernama Laika.Mengikuti tekanan dari American Rocket Society (Masyarakat Roket America), the National Science Foundation (Yayasan Sains national), and the International Geophysical Year, interest angkatan bersenjata meningkat dan pada awal 1955 Angkatan Udara Amerika dan Angkatan Laut mengerjai Project Orbiter, yang menggunakan wahana Jupiter C untuk meluncurkan satelit. Proyek ini berlangsung sukses, dan Explorer 1 menjadi satelit Amerika pertama pada tanggal 31 januari 1958.
Pada bulan Juni 1961, tiga setengah tahun setelah meluncurnya Sputnik 1, Angkatan Udara Amerika menggunakan berbagai fasilitas dari Jaringan Mata Angkasa Amerika (the United States Space Surveillance Network) untuk mengkatalogkan sejumlah 115 satelit yang mengorbit bumi.
Satelit buatan manusia terbesar pada saat ini yang mengorbit bumi adalah Station Angkasa Interasional (International Space Station).

3.Jenis-jenis Satelit
Satelit dibedakan menjadi dua yaitu :
     1. Satelit Alami
Satelit alami adalah salah satu benda luar angkasa yang telah ada (bukan buatan manusia) yang mengorbit suatu planet. Satelit alami bumi adalah bulan. Selama mengelilingi bumi, bulan mengalami tiga gerakan sekaligus, yaitu rotasi, revolusi bulan mengelilingi bumi dan revolusi bulan mengelilingi matahari. 
Image result for satelit alami


     2.Satelit Buatan
Satelit buatan adalah salah satu benda luar angkasa buatan manusia yang mengorbit suatu planet yang dalam pembuatannya memiliki jenis dan fungsi tertentu dengan tujuan untuk kepentingan manusia
Hasil gambar untuk satelit buatan

Berdasarkan ketinggian garis edarnya, satelit juga dibedakan menjadi tiga macam, diantaranya:
Hasil gambar untuk satelit leo geo meo
  • Satelit LEO (Low Earh Orbit) yaitu satelit yang bergaris edar rendah yaitu diantara 500 km sampai 10.000 km dari permukaan bumi. 
  • Satelit MEO (Medium Earth Orbit) yaitu satelit yang bergaris edar menengah yaitu diantaranya 10.000 km sampai 20.000 km. 
  • Satelit GEO (Geostatinonary Earth Global) yaitu satelit yang berada pada orbit geostasioner yaitu 36.000 km dari permukaan bumi. 
4.Fungsi Satelit
Adapun Fungsi satelit adapun sebagai berikut:

Satelit Astronomi

Digunakan untuk mengkaji planet,bintang,dan objek lainnya. Salah satu contoh adalah satelit Hubble yang digunakan untuk memotret Red Rose Nebula.

Satelit Komunikasi

Difungsikan untuk tujuan telekomunikasi,siaran radio,dan televisi yang menggunakan frekuensi gelombang mikro.

Satelit Pantau Bumi (GPS Satellite)

Digunakan untuk navigasi dan pembuatan peta.Isyarat masa radio yang memungkinkan user atau pengguna mengetahui kedudukan mereka dengan tepat melalui sistem GPS.

Satelit Cuaca

Berfungsi untuk mencatat dan mengirimkan maklumat tentang keadaan cuaca dan iklim bumi.Stasiun Angkasa. Merupakan satu "bangunan" yang memungkinkan manusia hidup di angkasa lepas.Stasiun ini sudah dirancang khusus,sehingga bisa didiami selama beberapa bulan bahkan beberapa tahun.

Satelit Militer

Adalah sebuah satelit telokomunikasi atau satelit pantau bumi yang digunakan untuk kepentingan militer.


Satelit Kecil

Satelit super kecil yang diterbangkan di ruang angkasa.sebagai contoh satelit mini(500-2000kg),satelit mikro (10-200kg) dan satelit nano (dibawah 10kg). 
Untuk dapat beroperasi satelit diluncurkan ke orbitnya dengan bantuan roket. Negara -negara maju seperti negara Amerika Serikat, Rusia, Perancis dan Akhir-akhir ini Cina, telah memiliki stasiun untuk melontarkan satelit ke orbitnya.

5.Dampak Positif dan Negatif Satelit
Dampak positifnya adalah masyarakat yang menjadi lebih modern dan cepat dalam melakukan komunikasi. Waktu menjadi dapat lebih dihemat.
Dampak negatifnya adalah mendekatkan yang jauh dan menjauhkan yang dekat. 




Sumber:

http://www.softilmu.com/2015/10/Pengertian-Fungsi-Macam-Macam-Cara-Kerja-Satelit-Adalah.html
http://oppoae.blogspot.co.id/2015/03/fungsi-dan-cara-kerja-satelit.html
http://brainly.co.id/tugas/865748


Image result for gunadarma





Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer